Sekolah hanya mengajari sejarah secara garis besar saja. Pelajaran sejarah sekolah hanyalah alat propaganda. disini tempat belajar sejarah anti mainstrim

Saturday, December 2, 2017

Kalau kemarin admin udah ngasih sedikit rekomendasi buku tentang perang dunia2, bagi yang belum baca silahkan cek disini Rekomendasi buku perang dunia 2. kalau kemarin buku kali ini admin mau ngasih rekomendasi film tentang perang dunia 2 nih. Tentu lah ya, belajar sejarah bakal bosen kalau terlalu ngandelin dari buku karena sensasinya akan sangat berbeda dengan menonton, kalau menonton kan kaya ada tegang-tegangnya gitu loh :v selain itu karena memang di Negara kita minat membaca masih terbilang minim. Walaupun perang sebenarnya tak sedramatis seperti yang ada di Film-film namun perang yang sebenarnya jauh lebih mengerikan dari  yang ada di film-film. Oke jangan terlalu banyak prolog langsung saja cus :

 1.Saving Private Ryan (1998)

Sebelumnya admin ga pernah peduli tentang urutan angka, namun untuk film Saving Private Ryan, kayanya kurang pantas rasanya jika admin tidak simpan di urutan teratas. Admin jamin dimana pun sahabat sejarah mencari referensi tentang film perang dunia 2, pastilah film saving private Ryan selalu ada dalam urutan pertama ataupun selalu masuk ke dalam daftar list. Mengambil setting awal pertempuran Normadia operasi (overlord) para prajurit diantar menggunakan half track menuju tepi pantai dengan membawa misi merebut pantai ohama dari cengkeraman Jerman. Setibanya di pantai, para prajurit dihujani berbagai macam rentetan peluru dari atas dinding atlantik yang membentang di sepanjang pantai. Film ini mengisahkan petualangan kapten John H miller bersama regunya dalam usaha penyelamatan Private(prajurit) Ryan yang telah kehilangan ke-3 saudaranya dalam peperangan. Kapten John H miller beserta regunya diperintahkan membawa Private Ryan dari medan perang agar dia dikembalikan ke tanah air (Amerika). Alih-alih menerima, justru James Francis Ryan menolak karena basis tempat pasukannya adalah perbatasan wilayah dan akan ada serangan oleh Jerman.  Karena gagal membawa Ryan, Kapten John H miller memilih bergabung bersama pasukan Ryan dan bertempur matimatian melawan Jerman. Film Saving Private Ryan ini diangkat dari kisah nyata, walaupun Film ini keluaran tahun 1998 film ini tidak bisa di remehkan dan masih sanggup menyaingin film-film di masa modern sekarang.


2.Hacksaw Ridge (2016)
Film yang diangkat dari kisah nyata (based on true story) memang selalu mampu membawakan kesan serta suasana berbeda nan penuh emosi di dalamnya. Hacksaw ridge adalah salah satunya. Film ini bercerita tentang seorang tentara Amerika serikat bernama Desmond dos yang menolak keras menangkat senjata,loh ko bisa?, gimana perangnya dong?. Tentu itu yang akan menjadi pertanyaan awal ketika sahabat sejarah membacanya. Justru ini lah yang menarik dari kisah yang di filmkan ini. Desmond dos adalah seorang  yang taat memegang teguh apa yang ada dalam al-kitab bahwa membunuh adalah hal yang salah dan termasuk suatu dosa yang besar, itu semua disadarinya ketika Desmond kecil yang hampir membunuh adiknya dengan memukul kepalanya dengan batu. ketika perang dunia 2 berkecamuk Desmond ingin melayani negaranya dan dia bergabung pada angkatan darat. Latihan demi latihan ia lalui, namun ketika pada latihan akhir yaitu menembak, semua siswa mengambil senjatanya masing-masing hanya Desmond lah yang tak mengambil senjata tersebut karena dia bertekad tak akan memegang senjata apapun alasanya, walaupun itu hanya latihan, karena sejak awal Desmond bertekad untuk melayani negaranya dengan bergabung menjadi tim medis. Karena ketidak inginnannya mengangkat senjata iapun diadili di persidangan dan hendak di copot dari kemiliteren, namun itu tidak terjadi karena ayahnya Tom doss seorang veteran perang dunia ke 1 datang ke persidangan dan membawakan surat salah seorang jendral yang merupakan komandannya saat perang dunia 1. Beberapa bulan kemudian saatnya tiba, Desmond dan rekan-rekannya di kirim ke medan perang di Okinawa bertugas mengamankan tebing maeda (hacksaw ridge). Disinilah keheroikan terjadi, walaupun tanpa senjata Desmond mengembang resiko yang sama dengan teman-temannya di medan perang. Ketika jepang melancarkan serangan balasan secara besar-besaran dan membuat pasukan Amerika terpukul mundur dan turun menuruni tebing, dan ketika itu Desmond sendirian menyelamatkan 75nyawa tentara Amerika ketika wilayah sudah di kuasai jepang. Berkat keheroikannya ini Desmond dia anugrahi medal of honor


3.Downfall (2004)

Berlin yang merupakan ibu kota dan pusat dari kekuasaan Hitler, pada masa awal-awal perang sebagai negara super power tak pernah sekalipun tersentuh oleh kaki tentara aliansi terlebih serangan dari pasukan aliansi, namun itu semua tidak berlangsung lama setelah kurang lebih 4 tahun berkuasa atas eropa, Nazi Jerman terutama Hitler harus membalas kekacauan yang dibuat. Film ini menceritakan Hari-hari terakhir Hitler di dalam bunker persembunyiannya dimana tentara merah soviet hanya berjarak  12 KM dari pusat kota Berlin yang menandakan kekalahan Jerman dan keruntuhan kedigdayaan Reich ke 3 Nazi sudah tepat di depan mata. Film ini termasuk film biography terbaik menurut admin karena pemeran dalam film ini Bruno Gaz memerankan peran Hitler dengan sangat epic, mampu membawakan dirinya sebagai Hitler nyata dengan sikap egois dan keras kepalanya. Hitler berserta Istrinya Eva braun yang dinikahi pada tanggal 30 April 1945 tepat sebelum mereka memutuskan untuk saling menelan pil sianida dan menanamkan peluru di dalam kepalanya masing-masing. Hitler berwasiat kepada perwiranya agar mayatnya di bakar. Matinya Hitler adalah pertanda berakhirnya perang di eropa. Tepat pada 8 Mei 1945 Jerman menyerah pada sekutu dan perang di benua eropa resmi berakhir.


4.Enemy at gates (2013)

vasily zaytsev adalah seorang pahlawan perang soviet dan namanya terdaftar dalam sejarah sebagai seniper terbaik di dunia pada masanya hingga sekarang. Film ini mengambil setting perang di Stalingrad dalam kemasan hollywood. Vasily sebagai seorang seniper terbaik soviet banyak menewaskan perwira Jerman yang bertugas disana, hingga akhirnya Jerman menurunkan seniper terbaik miliknya untuk berhadap dengan Vasiliy. Bukan Hollywood namanya jika tidak menyisipkan adegan pasangan kekasih walaupun dalam keadaan perang.


 5.Unbroken (2014)

Diangkat dari kisah nyata seorang atlit lari olimpiade Amerika berdarah Itali bernama loieu zamperini yang merupakan kru dari pesawat pengebom B-29. Loieu bersama krunya mendapatkan misi penyelamatan. Ia pun menunggangi pesawat mereka yang sebelumnya telah di terjunkan pada misi pengeboman di atas dataran Jepang. Di tengah perjalanan dalam misi penyelamatan, pesawat yang ditunggangi loeui beserta krunya mengalami gagal mesin, membuat pesawatnya jatuh menghantam laut dan  hancur. Semua krunya tewas kecuali Louie dan 2 orang rekannya, mac dan phil. Mereka ber 3 harus hidup dalam sebuah perahu karet, terombang ambing di atas lautan. Salah satu rekan mereka, tewas. Dalam perahu karet hanya tinggal tersisa Loieu dan Phil, mereka terombang ambing selama 40hari lebih di atas lautan sampai ketika, perahu karet yang mereka tunggangi bertemu dengan Kapal perang Tentara kekaisaran Jepang. Mereka di selamatkan dari lautan namun bukannya mendapat perawatan, mereka berdua yang sudah tinggal tulang berbalut kulit itu justu di jadikan sebagai tawanan, di penjara, loeui mendapatkan siksaan oleh kepala penjara bernama watanabe (the bird). Hari-hari berat loeui di lautan berganti menjadi siksaan dalam tawanan jepang.


6.Windstalker (2002)
Kopral Joseph F Enders “JOE” (Nicolas cage) seorang anggota Marinir yang menginginkan kembali dirinya untuk ditugaskan ke dalam medan perang di pasifik setelah sebelumnya berperang melawan Jepang yang membuat Joe kehilangan (mati) semua  pasukannya di kepulauan solomon dan membuat cedera dirinya di bagian telinga hingga membuatnya di bawa pulang. Joe melihat dengan matanya sendiri kengerian pertempuran di front pasifik dimana hanya ada pohon dan musuh. sebelum di kembalikan kepada dunia militer, Joe harus mengikuti tes pendengar dan dinyatakan baik walaupun sebenarnya dia berbuat curang dan dibantu oleh perawatnya. Joe ditugaskan di kepulauan Saipan dengan misi awal menjaga pantai Navajo dan bertanggung jawab atas Yahzee seorang operator radio yang bertugas menyampaikan titik kordinat musuh. Selain mengalahkan Jepang Joe menjadikan ajang ini sebagai balas dendam atas kematian pasukannya di kepulauan solomon.        


7.Flag of our father (2006)
Siapa yang tidak tahu foto 4 tentara Amerika yang tengah memasang berndera di bukit pulau Iwo Jima? Atau biasa kerennya Raising Flag of Iwo jima, foto itu merupakan foto paling fenomenal pada perang dunia 2 bahkan hingga sekarang. Eitss tapi jangan salah loh sahabat sejarah, sebenarnya ada 6 orang dalam foto tersebut, dan apakah sahabat sejarah juga tau kalau bendera yang fenomenal itu adalah bendera ke 2 yang di kibarkan?. Yap film Flag our father secara garis besar menceritakan tentang seluk beluk dari foto fenomenal yang di ambil di Iwo jima itu. Dengan jalan alur yang maju mundur, film ini kaya akan nilai historis jadi untuk sahabat sejarah yang belum tahu langsung saja tonton.


8.The Brest Fotress (2010)
Bosen dengan film Hollywood terus?, tenang rekomendasi kali ini dari negara pesaing paman sam yaitu russia. Kali ini film ini bercerita tentang perlawanan tentara merah soviet untuk mempertahankan benteng brest terhadap invasi Jerman Nazi ketika masa awal operasi barbarossa. Pertempuran menjadi tidak seimbang, karena instalasi-instalasi penting telah diputus oleh Jerman seperti air dan listrik. Begitu pula jalur komunikasi, sehingga tentara Tentara soviet dan penduduk benteng brest terisolir tak mendapatkan bantuan baik, amunisi, persenjataan dan makanan dalam situasi seperti itu mereka harus berperang dengan alat seadanya melawan Jerman dengan persenjataan lengkap.



9.Furry (2014)
Sebuah tank M4 Sherman di berinama Furry, dengan 5 crew di dalamnya komandan,loader, driver, 2 penembak(gunner boy). Film ini bisa di bilang lucu tapi juga seru, kenapa lucu? Karena bagaimana bisa  satu tank M4 sherman (furry) yang tidak bisa bergerak karena roda tank menginjak ranjau berhadapan dengan ratusan tentara Jerman bersenjata lengkap, full termasuk RPG mampu membuat ratusan tentara Jerman kewalahan dan kelabakan, oleh 5 orang dan dengan Tank yang tidak bisa bergerak. Jika benar terjadi tetntulah tank furry bagai kelinci dimata serigala. Seperti yang admin bilang, lucu tapi seru, karena film furry ini banyak menampilkan action dan memberi gambaran bagaimana sebuah tank beroprasi. Yang membuat keinginin admin menaiki tank semakin meledak 


10. Pearl Harbor (2001)
Penyerangan itu terjadi tanggal 7Desember 1941, ketika tentara Amerika di pearl Harbor masih terlelap. Karena admin ga terlalu suka drama romance di awal awal cerita film ini bisa di bilang membosankan, yap karena terlalu banyak menampilkan kehidupan romansa. Namun di pertengahan film, film ini sangat menarik dan sangat menegangkan menggambarkan secara jelas pasukan udara Jepang memborbardir dan meluluhlantakan pearl harbor yang merupakan basis kekuatan angkatan laut Amerika di Pasifik.


yap mungkin segitu dulu rekomendasi yang bisa admin kasih sama kalian. karena judulnya part 1, pastinya akan ada kelanjutannya jadi pantengin terus blog ini oke. oh ya admin punya indo menarik nih buat sobat sejarah yang lagi butuh uang atau uang tambahan. caranya gampang tinggal klik https://www.bestchange.com/?p=432074 lalu daftar deh sobat ke situ insha alla kalau sobat tekun sobat pasti dapet uang dalam bentuk dollar

7:24 PM   Posted by Unknown in with 1 comment

1 comment:

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search